Usaha Air Isi Ulang : Keuntungan dan Analisa Bisnisnya (Terlengkap) Terbaru

Usaha Air Isi Ulang – Sama seperti usaha bisnis lainnya, bisnis usaha air isi ulang saat ini juga semakin menjamur. Tidak dapat dipungkiri bahwa bisnis yang dulunya dipandang sebelah mata, saat ini menjadi peluang yang dapat memberikan penghasilan jutaan bahkan puluhan juta dalam setiap bulannya.

Dahulu orang memperoleh air minum dari hasil memasak air yang didapatkan dari kamar mandi. Namun hal tersebut sekarang sangat jarang ditemui, hal tersebut bisa jadi diakibatkan oleh banyaknya air mineral kemasan ataupun gallon isi ulang.

Kelompok Bisnis Air Isi Ulang

Kelompok Bisnis Air Isi Ulang

1. Usaha Bisnis Air Isi Ulang Biasa

Dalam kelompok usaha air isi ulang biasa, umumnya produk air minum yang ditawarkan biasanya tidak memiliki merk atau menggunakan merk sendiri yang belum terkenal.

Untuk skala penjualannya biasanya masih di sekitar kota atau kabupaten dan untuk harga jualnya sekitar Rp. 4.000 hingga Rp. 6.000 untuk satu gallon air isi ulang.

2. Usaha Bisnis Air RO atau Reverse Osmosis

Dalam bisnis usaha air minum isi ulang RO, akan terdapat beberapa persyaratan serta analisis tersendiri. Sehingga dapat dikatakan pula bahwa kelompok usaha bisnis air RO ini sebagai suatu peluang usaha yang menjanjikan.

3. Bisnis Air Minum Bermerek

Kelompok bisnis air minum atau air mineral ini seperti Vit, Aqua, Cleo, Le Mineral, dan lain sebagainya. Yang mana segala bentuk perawatan gallon serta pengisian air dikerjakan oleh pihak pabrik yang bersangkutan, tergantung dari merk serta lokasi penjualannya.

Mengapa Bisnis Air Isi Ulang Memiliki Prospek yang Bagus?

Mengapa Bisnis Air Isi Ulang Memiliki Prospek yang Bagus?

  1. Alasan yang pertama karena air minum adalah suatu kebutuhan pokok yang sangat dibutuhkan oleh manusia pada setiap harinya.
  2. Dengan semakin banyaknya pabrik, kantor, serta tempat bekerja lain yang bermunculan, menjadikan air minum sebagai suatu kebutuhan poko bagi para karyawan.
  3. Semakin banyaknya orang tua yang bekerja diluar rumah dengan kesibukan yang padat sehingga tidak memiliki banyak waktu untuk menyiapkan air siap minum di rumah.
  4. Semakin susahnya bahan baku air minum yang didapatkan karena air tanah atau air sumur maupun air ledeng pada beberapa tempat airnya berwarna, berbau, serta berasa sehingga sangat tidak layak apabila untuk dikonsumsi.
  5. Dengan semakin banyaknya keluarga yang memiliki kepedulian akan kualitas air minum untuk kesehatan.

Bagaimana Cara untuk Memulai Bisnis Air Isi Ulang?

Bagaimana Cara untuk Memulai Bisnis Air Isi Ulang?

1. Jangan Asal Pilih Lokasi

Usaha air isi ulang akan sangat cocok diterapkan pada daerah yang lebih mementingkan ketersediaan air dengan harga yang terjangkau. Seperti pada daerah pemukiman yang memiliki keterbatasan dalam menyiapkan air bersih serta mayoritas penduduknya mempunyai penghasilan menengah ke bawah.

2. Izin dari Dinas Kesehatan

Biasanya dari pihak depot air minum isi ulang akan membantu Anda dalam mengurus perizinan dari kementerian atau dinas kesehatan. Akan tetapi apabila tidak, maka Anda harus mengurusnya sendiri terlebih apabila Anda membeli peralatan yang dibutuhkan secara terpisah.

3. Lakukan Kunjungan dengan Pihak yang Berpengalaman

Melakukan kunjungan kepada pihak yang telah berpengalaman maka akan sangat penting untuk Anda lakukan, sebab semuanya tidak cukup apabila Anda hanya mencarinya dari Internet. Karena akan lebih berbekas apabila Anda bertanya langsung ke depot air minum yang berada di daerah Anda.

Melakukan kunjungan ini penting karena Anda dapat bertanya terkait rekomendasi tempat penyedia depot air minum, gallon isi ulang, tisu gallon, serta tutup gallon yang berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Selain itu Anda juga dapat bertanya terkait bagaimana tips untuk menjaga kualitas air, aturan terbaru mengenai usaha air minum daerah, serta berbagai informasi lainnya.

4. Cara Berjualan yang Sederhana

Sama halnya usaha frozen food yang dapat dilakukan dengan sederhana, cara berjualan air isi ulang juga dapat dilakukan dengan sederhana. Hal pertama yang mungkin perlu Anda lakukan adalah menawarkan produk air isi ulang dari depot Anda kepada calon konsumen secara langsung.

Untuk meyakinkan pembeli, anda dapat menempelkan hasil izin dari dinas kesehatan di depan usaha depot air isi ulang Anda, apabila perlu buatlah spanduk yang besar, mudah dibaca, serta dengan warna yang mencolok.

5. Sediakan Peminjaman Galon Gratis

Apabila Anda sebagai orang pertama atau pionir yang melakukan penjualan air isi ulang di daerah Anda, maka akan sangat disarankan untuk Anda menyediakan adanya peminjaman gallon secara gratis khusus untuk pelanggan awal. Karena harga gallon sering kali dianggap memberatkan.

  1. Aktifkan Promosi

Dalam melakukan promosi, teruslah semangat khususnya untuk memberitahukan kualitas air isi ulang Anda.

7. Lakukan Beberapa Hal untuk Menjaga Konsumen

Anda harus rajin dalam membersihkan peralatan yang digunakan, pastikan gallon isi ulang Anda tidak berlumut. Selanjutnya Anda juga perlu untuk menjaga kualitas dari air yang dihasilkan. Kemudian antar pesanan dengan cepat.

Untuk menjaga keprofesionalan dalam bekerja, maka berikan jam kerja secara jelas baik kepada karyawan yang bekerja dengan Anda maupun dengan konsumen.

8. Siapkan Modal Usaha

Bisnis air minum isi ulang sejatinya sama dengan bisnis yang lainnya seperti usaha warung kopi, yang mana pada awal mendirikan usaha pasti memerlukan modal. Anda tentu harus dapat memperhitungkan berapa modal awal yang akan dikeluarkan untuk usaha ini.

Keuntungan Bisnis Air Minum Isi Ulang

1. Modal yang Kecil

Dalam menjalankan usaha air isi ulang tentu tidak membutuhkan modal atau dana awal yang besar apabila dibandingkan dengan usaha lain. Sebab untuk menjalankan usaha ini hanya membutuhkan beberapa alat saja, seperti alat pengisi air mineral, alat pembersih gallon, serta gallon isi ulangnya.

Dengan modal awal hanya beberapa alat tersebut dan apabila terus dibarengi dengan niat yang kuat, maka dapat dipastikan usaha Anda dapat berjalan dengan lancer. Karena Anda cukup menggunakan uang tabungan Anda tanpa perlu meminjam modal kepada pihak lain.

2. Keuntungan yang Besar

Karena sebagai pilihan bisnis yang tepat, tentu bisnis ini dapat mendatangkan untuk yang besar bagi Anda. Sebab sebagian besar konsumen memerlukan segala sesuatu yang serba cepat dan praktis. Selain hal tersebut, di zaman yang modern ini tentu waktu luang beberapa orang sangatlah sedikit.

Anda dapat membayangkan keuntungan yang akan Anda dapatkan apabila dalam tiga hari sekali orang-orang mengisi ulang galonnya.

3. Mudah serta Praktis

Air isi ulang adalah salah satu pilihan yang sangat tepat bagi sebagian orang karena alasan lebih mudah dan praktis. Selain bisnis yang mudah dijalankan oleh pelaku bisnis, air isi ulang juga memberikan kepraktisan untuk konsumen.

4. Tidak Memerlukan Tempat Luas

Menjalankan usaha air isi ulang tentu tidak membutuhkan tempat ataupun ruang yang luas, karena dalam menjalankan usaha ini, Anda hanya perlu memanfaatkan bagian dari teras rumah Anda untuk dijadikan sebagai depot air minum sederhana.

Sehingga Anda tidak perlu merasa bingung dalam mencari tempat atau bahkan membangun sebuah tempat baru karena Anda dapat memanfaatkan bagian dari rumah Anda.

  1. Mudah Memperoleh Pasokan

Untuk mendapatkan pasokan air isi ulang sangatlah mudah, selama masih ada ketersediaan air yang layak konsumsi, maka bisnis akan terus dapat dijalankan.

6. Kemudahan Mendapatkan Pelanggan

Apabila anda terjun dalam dunia bisnis air minum isi ulang, maka untuk mendapatkan pelanggan Anda tidak perlu merasa bingung, karena dapat dipastikan tetangga sekitar Anda pasti akan mendatangi depot air minum isi ulang di tempat Anda.

Kerugian Bisnis Air Minum Isi Ulang

Kerugian Bisnis Air Minum Isi Ulang

1. Lama dalam Kembalinya Modal

Tentu Anda telah mengetahui berapa harga dari satu gallon isi ulang, yaitu hanya sekitar 4 hingga 6 ribu saja. Sedangkan modal awal yang Anda butuhkan untuk membeli alat-alat memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Modal awal yang dikeluarkan memang akan kembali, hanya saja membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Hal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang telah terjadi di dalam masyarakat.

2. Berhubungan dengan Reputasi

Bisnis usaha air isi ulang sangat berkaitan dengan reputasi, sebab apabila terjadi sedikit kesalahan saja maka dapat memengaruhi reputasi Anda. Selain reputasi turun, hal buruk selanjutnya yaitu Anda menutup bisnis Anda.

Sehingga pengawasan perlu dijalankan seperti dalam proses pengemasan, pembersihan, serta pengisian ulang. Apabila terjadi kesalahan sedikit saja, maka hal tersebut dapat berdampak buruk untuk konsumen, dapat mengakibatkan penyakit ataupun gangguan lainnya.

3. Teknologi yang Kurang

Kurangnya teknologi dalam menjalankan bisnis air isi ulang maka dapat menjadi sebuah kelemahan. Anda telah mengetahui bahwa dalam pembersihan gallon yang dilakukan secara sederhana, kemungkinan besar masih terdapat beberapa bakteri yang tertinggal.

Selain itu apabila dalam proses pengemasan yang sederhana yaitu hanya ditutup dengan plastik biasa tanpa melalui proses sterilisasi, maka dapat dipastikan kebersihan tidak terjaga.

4. Kurangnya Pengawasan dan Pengendalian

Dalam menjalankan bisnis air minum isi ulang, memang tidak disertai dengan pengawasan ketat atau sesuai standar yang ada. Karena untuk bisnis ini memang dapat dibilang bebas dan hanya adanya izin dari dinas kesehatan untuk dapat memasarkan air minum isi ulang.

Akan tetapi apabila dalam proses yang dijalankan tidak disertai dengan pengawasan serta pelatihan untuk terus menjadi baik, maka jaminan akan mutu juga akan diragukan sebab tidak sesuai dengan standar yang sudah ditentukan.

5. Kualitas yang Rendah

Apabila membahas soal kualitas, memang dapat dikatakan bahwa dalam usaha air isi ulang ini memang masih rendah. Dari sisi kesehatan, tentu air minum yang dimasak sendiri memiliki kualitas yang lebih baik, lebih aman untuk dikonsumsi, serta lebih sehat jika dibandingkan dengan isi ulang.

Aturan Terkait Usaha Depot Air Minum

Aturan Terkait Usaha Depot Air Minum

Sesuai dengan pasal 2 Kepmenperindang nomor 651 tahun 2004, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi yaitu:

  1. Setiap depott air minum harus dan wajib mempunyai surat jaminan pasokan air baku dari perusahaan daerah air minum atau PDAM ataupun perusahaan lain yang mempunyai izin dalam pengambilan air dari suatu instansi yang berwenang.
  2. Setiap depott air minum isi ulang harus mempunyai laporan terkait hasil uji laboratorium untuk memeriksa kualitas air yang mana laboratorium tersebut hasil rekomendasi pemerintah kabupaten maupun kota serta telah terakreditasi untuk mengetahui kualitas air yang dihasilkan.

Apabila Anda memahami segala sesuatu yang perlu dipersiapkan dan yang perlu dilakukan untuk membuka usaha air isi ulang, maka dapat dipastikan bahwa usaha Anda nantinya dapat berkembang dengan pesat.

Usaha Air Isi Ulang : Keuntungan dan Analisa Bisnisnya (Terlengkap)

Resep Masakan

Related Post : Usaha air isi ulang : keuntungan dan analisa bisnisnya (terlengkap) terbaru

Usaha Air Isi Ulang : Keuntungan dan Analisa Bisnisnya
Apabila Anda memahami segala sesuatu yang perlu dipersiapkan dan yang perlu dilakukan untuk membuka usaha air isi ulang, maka dapat dipastikan bahwa usaha Anda nantinya dapat berkembang dengan pesat. Usaha Air Isi Ulang : Keuntungan dan Analisa Bisnisnya (Terlengkap)...
Last update Thu, 26 Mar 2020 11:37:00 GMT Read More

Usaha Air Isi Ulang : Keuntungan dan Analisa Bisnisnya
Usaha Air Isi Ulang : Keuntungan dan Analisa Bisnisnya (Terlengkap) Usaha Air Isi Ulang : Keuntungan dan Analisa Bisnisnya (Terlengkap) – Kegiatan penyediaan air – Sama seperti usaha bisnis lainnya, bahkan bisnis pasokan air berlipat ganda. Tidak dapat dipungkiri bahwa perusahaan yang dulunya undervalued sekarang menjadi peluang yang dapat memberikan jutaan dan bahkan puluhan juta ...
Last update Sat, 07 Mar 2020 20:50:00 GMT Read More

Peluang Usaha Konveksi beserta Analisa Bisnis (Terlengkap)
Selalu membutuhkan ide kreatif untuk membuat desain terbaru produk konveksi Anda. Usaha Air Isi Ulang : Keuntungan dan Analisa Bisnisnya (Terlengkap) Usaha Cuci Mobil : Peluang beserta Analisa Bisnisnya (Terlengkap) 7 Usaha Rumahan yang sangat Menjanjikan (Jenis, keuntungan dan Tips) Usaha Cuci Motor : Peluang dan Analisa Bisnis yang ...
Last update Thu, 02 Apr 2020 11:29:00 GMT Read More

Usaha Waralaba Peluang dan Analisa Bisnisnya (Terlengkap)
Usaha Waralaba Peluang dan Analisa Bisnisnya (Terlengkap) Related Posts. Usaha Air Isi Ulang : Keuntungan dan Analisa Bisnisnya (Terlengkap) Peluang Usaha Mainan Anak beserta Analisa Bisnis (Terlengkap) Peluang Usaha Bakso beserta Analisa Bisnis (terlengkap) Peluang Usaha Laundry Rumahan (Analisa Lengkap) About The Author...
Last update Fri, 20 Mar 2020 10:12:00 GMT Read More